Bagi kebanyakan orang, istilah
sistem menimbulkan gambaran mental tentang komputer dan program.
Kenyataanya, istilah ini memiliki makna yang lebih luas.
Tanpa memperhatikan asal
usulnya, sebuah sistem memiliki beberapa elemen yang sama. Yaitu Sebuah
sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling
berkaitan (interrelated) atau subsistem-subsistem yang bersatu untuk
mencapai tujuan yang sama (commom purpose) (James A. Hall, 2001: 5).
Menurut Mulyadi (1999)
didefinisikan sebagai kelompok unsur yang erat berhubungan satu sama
lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan Walkinson (1999)
menguraikan sistem dengan sebuah kerangka (framework) yang terintegrasi
satu atau beberapa tujuan. Sistem akan mengkoordinasikan sumber daya
yang diperlukan untuk mengolah memasukkan menjadi keluaran atau hasil.
Berdasarkan pengertian di atas,
dapat disimpulkan bahwa suatu sistem terdiri atas beberapa unsur yang
disebut subsistem, yang saling berhubungan dengan yang lain agar suatu
sistem dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Hubungan antara subsistem ini
berupa komunikasi informasi yang relevan sehingga secara bersama-sama
dapat mencapai tujuan sistem.
Tujuan sistem secara keseluruhan
dapat tercapai apabila setiap subsistem dapat mencapai tujuan
operasionalnya masing-masing.
Informasi adalah data yang
diproses lebih jauh sehingga mempunyai arti bagi si penerima dan
mempunyai “nilai pengaruh” atas tindakan-tindakan, keputusan-keputusan
sekarang atau masa yang akan datang (Davis dan Olson,1985).
John Burch dan Gary Grudnitsky (1986)
mendefinisikan informasi sebagai berikut: informasi adalah data yang
telah diletakkan dalam konteks yang lebih berarti dan berguna yang
dikomunikasikan kepada penerima untuk digunakan didalam pembuatan
keputusan.
Menurut George H. Bodnar (1980):
informasi adalah data yang berguna.
Barry E. Cushing (1974): informasi menunjukkan hasil dari pengolahan data yang
diorganisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya.
Dapat di ambil kesimpulan bahwa
informasi adalah:
- Data yang diolah
- Menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya
- Menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) dan kesatuan nyata (fact dan entity)
- Digunakan untuk pengambilan
keputusan Kualitas informasi dapat berpengaruh terhadap kemampuan
pengambilan keputusan untuk menggunakan substansi informasi dalam
pembuatan keputusan yang tepat. Kualitas informasi meliputi unsur:
- Relevan: informasi yang relevan berkaitan dengan sejauh mana informasi dapat membuat perbedaan untuk alternatif pengambilan keputusan.
- Akurat: keakuratan informasi berkaitan dengan ketepatan dan keandalan informasi tersebut, sehingga informasi yang akurat berarti bebas dari kesalahan dan tidak menyesatkan pemakai informasi.
- Tepat waktu: ketepatan waktu sebuah informasi berhubungan dengan kapan informasi tersebut tersedia.
- Ringkas: keringkasan sebuah informasi berarti informasi tersebut sudah digolongkan dan disajikan dalam format yang tidak terlalu detail.
- Kejelasan: informasi yang jelas menunjukkan tingkat kemampuan informasi untuk dapat dimengerti oleh pemakainya.
- Dapat diukur (quantify ability): berhubungan dengan konsep pengukuran informasi–informasi yang dapat diukur akan menambah nilai informasi tersebut.
- Konsisten: konsistensi sebuah informasi berhubungan dengan kemampuan informasi untuk dibandingkan dengan informasi sejenis dengan waktu yang berbeda.
Perubahan-perubahan Akibat Komputerisasi
Dengan diterapkannya sistem
komputerisasi pada sebuah sistem , maka akan terjadi beberapa
perubahan-perubahan. Kalau penerapan komputer sudah penuh (fully
computerized) dan cara manual sudah betul-betul ditinggalkan, maka
perubahan-perubahan yang terjadi cukup dramatis, yaitu :
- Perubahan Terhadap Struktur Organisasi
Pada perusahaan yang besar,
penerapan komputer akan menimbulkan suatu departemen yang baru, yaitu
departemen pengolahan data elektronik atau departemen sistem informasi.
Penerapan komputer juga dapat
membawa perubahan dari struktur organisasi desentralisasi menjadi
sentralisasi. Dengan komputer dan alat-alat komunikasi,
maka dapat dilakukan pengiriman data dari satu tempat ke tempat yang
lainnya, sehingga data dapat dipusatkan di satu tempat untuk diolah.
- Perubahan Terhadap Simpanan Data
Pada sistem manual data dicatat
di jurnal dan ledger (buku besar dan buku pembantu). Pada sistem
komputer, data disimpan di file dalam bentuk yang hanya dapat dibaca
oleh mesin (machine readable form) seperti misalnya disk magnetik atau
pita magnetik dan tidak terbaca oleh mata manusia biasa.
- Perubahan Pemrosesan Volume Data Besar yang Rutin
Perubahan ini mempunyai pengaruh
yang cukup besar, karena komputer dapat beroperasi dengan lebih cepat,
lebih tepat dan tidak mengenal lelah. Kalau manusia lelah, maka
cenderung akan membuat kesalahan, karena mentalnya melemah (mental
fatique). Sedang komputer tidak mempunyai mental, hanya mempunyai metal,
sehingga hanya salah kalau komponenya saja yang rusak (metal fatique).
- Perubahan Terhadap Ketersediaan Informasi
Perubahan ini mempunyai pengaruh
yang cukup besar karena komputer dapat menyediakan informasi pada saat
yang dibutuhkan
- Perubahan dalam Pengendalian Intern
Dengan diterapkannya komputer,
maka pengendalian intern akan mengalami perubahan.
End-User Computing
End-user computing yang
disingkat dengan EUC adalah Pengguna komputer secara langsung oleh
seseorang untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan computer based
solution dengan cepat (Horrison dan Rainer, 1992) Pemanfaatan
komputer oleh pemakai (Bodnar, 1996). Raymond (1996)
end-user computing adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem
oleh pemakai akhir. Pemakai akhir
menurut John F. Rockart dan Lauren S. Flannery (1983)
dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer
mereka, antara lain:
1. Pemakai
Akhir Tingkat Menu (menu-level-end-user)
Sebagai pemakai akhir tidak mampu menciptakan
perangkat lunak mereka sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan
perangkat lunak jadi (prewritten software) dengan menggunakan menu-menu
yang ditawarkan, seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunak berbasis
windows.
2. Pemakai
Akhir Tingkat Perintah (command-level-end-user)
Sebagai pemakai akhir mempunyai
kemampuan menggunakan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar
menu-menu. Para pemakai akkhir ini dapat menggunakan bahasa perintah
dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika
pada data.
3. Pemakai
Akhir Tingkat Programer (end-user programmer)
Sebagai pemakai akhir menggunakan bahasapemrosesan
seperti HTML (Hyper Text Markup Language), Visual Basic, Java Script,
serta mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan
mereka sendiri.
4. Personil
Pendukung Fungsional (functional support personnel)
Di sejumlah perusahaan,
spesialis informasi adalah anggota unit-unit fungsional dan bukannya di
unit jasa informasi. Personil pendukung fungsional ini adalah spesialis
informasi dalam arti sesungguhnya, tetapi mereka berdedikasi pada area
pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.
Faktor Personality
Faktor personality meliputi computer anxiety,
computer attitudes, dan math anxiety. Personality
disini merefleksikan perasaan individu mengenai komputer dan
penggunaannya (Igbaria dan
Pasuraman, 1989). Horrison dan Rainer (1992)
membaginya menjadi beberapa tipe keinginan dan sikap yang meliputi:
1. Computer
Anxiety
Computer anxiety menunjukkan kecederungan seseorang
untuk menjadi susah, khawatir atau ketakutan mengenai penggunaan
komputer dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang (Igbaria, 1998).
Horrison dan Rainer (1992) mengatakan terdapat dua
sikap yang berhubungan dengan computer anxiety yaitu fear dan
anticipation. Sebenarnya computer anxiety menunjukkan suatu tipe stress
tertentu, karena computer anxiety itu berasosiasi dalam menggunakan
komputer dan penolakan terhadap mesin.
2. Computer
Attitudes
Pendapat Fishbeir (1967) dalam Roseno
(2002) mendefinisikan “attitudes is a mental and state of
readiness, organized trough experience exerting a directive or dynamic
influence upon the individual’s respones to all objects and situation
which related”.
artinya bahwa sikap merupakan suatu mental dan
pengetahuan perasaan yang diperoleh melalui pengalaman yang
kadang mendorong adanya respon individual terhadap suatu obyek atau
situasi yang berkaitan. Computer attitudes menunjukkan
reaksi atau penilaian seseorang terhadap komputer berdasarkan kesenangan
atau ketidaksenangannya terhadap komputer. Dengan kata
lain secara umum computer attitudes menunjukkan perasaan kesenangan atau
ketidaksenangan seseorang terhadap beberapa obyek stimulus (Horrison
dan Rainer, 1992), menunjukkan bahwa ada tiga hal atau sikap yang
terkait dengan computer attitudes yaitu pessimism, optimism, dan
intimidation.
3. Math Anxiety
Math anxiety merupakan
ketakutan, kecemasan, dan kekhawatiran yang berhubungan secara khusus
dengan matematika (Trisnawati dan Permatasari, 2000). Howard
(1986) menemukan suatu hubungan positif antara math performance
dengan sikap terhadap komputer. Penelitian lain mengemukakan bahwa math
anxiety mempunyai pengaruh langsung dengan computer anxiety dan pengaruh
tidak langsung dengan computer attitudes (Igbaria, 1992)
DAFTAR PUSTAKA
- Algifari, (2000), “Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi”, Yogyakarta: BPFE.
- Geger Riyanto. 2005. Teknologi Informasi, Inovasi bagi Dunia Pendidikan.
- http://www.pendidikan.net/______. 2003. Pendidikan Berparadigma Ganda.
- www.detikcom______. 2005. Road Show Workshop TI Mengenal Lebih Dekat Teknologi Informasi.
- Horrison A.W. and Rainer K. R., “The Influence of Individual Differences on Skill End-User Computing”. Juornal of Management Information System.
- Rifa, Dandes, dan Gudono, M., (1999). “Pengaruh Faktor Demografi dan Faktor Personality dalam End-User Computing”.
- Roseno P. W., (2002), “Pengaruh Faktor Demiografi dan Personality terhadap Keahlian dalam End-User Computing Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
- Rina Trisnawati dan Shinta Permatasari, (2000), “Pengaruh Faktor PersonalityTerhadap Keahlian Dalam Menggunakan Komputer” Empirika,.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar anda !!!