Selasa, 29 Juni 2010

Tahapan Membuat Program

Definisi
Pemrograman yaitu rangkaian instruksi – instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logis dan sistematis
Proses pemrograman komputer bertujuan untuk memecahkan suatu masalah dan membuat mudah pekerjaan dari user (pengguna komputer)
Tahapan-Tahapan Membuat Program
1.     Membuat Suatu Program Yang Kompleks
Untuk membuat program yang besar dan kompleks, programmer membutuhkan tahapan-tahapan dibawah ini :
a. Definisi Masalah
Menentukan model /rancangan apa yang akan dibuat untuk penyelesaian masalah
b. Analisis Kebutuhan
Menentukan data untuk masukan dan keluaran yang diminta, bahasa pemrograman yang digunakan serta tipe komputer apa yang dibutuhkan
c. Desain Algoritma / Membuat Rumusan Pemecahan Masalah
Membuat susunan langkah-langkah/instruksi penyelesaian masalah. Hal ini dapat dilakukan dengan 2 cara :
Menggunakan Flowchart
Menggunakan bahasa semu (pseudocode)
d. Bahasa Pemrograman
Pembuatan program dengan menggunakan bahasa pemrograman
e. Pengujian Program
Dilakukan melalui 2 tahap :
1. Pengujian Tahap Debuging, Untuk mengecek kesalahan program, Baik sintaksis maupun logika.
2. Pengujian tahap profiling, Untuk menentukan waktu tempuh dan banyak nya memori program yang digunakan. Setelah program bebas dari kesalahan sehingga dapat dilakukan proses excute program
f. Dokumentasi
Digunakan untuk file backup
g. Pemeliharaan
Upaya yang dilakukan dengan Menghindari kerusakan atau hilangnya suatu program baik hardware maupun Human Error
Membuat Suatu Program Yang Sederhana
Untuk membuat suatu program yang sederhana, programmer tidak perlu menggunakan tujuh tahapan diatas, tetapi cukup beberapa tahap saja, seperti :
1.      Definisi Masalah
2.      Desain Algoritma
3.      Bahasa Pemrograman
4.      Testing and Debugging
Karakteristik Seorang Programmer
  1. Mampu menyusun algoritma dengan baik dan logis.
  2. Memiliki ketekunan dan ketelitian yang tinggi.
  3. Menguasai bahasa dan teknik penulisan program dengan baik.
  4. Dapat bekerja sama dalam suatu tim.
  5. Dapat bekerja secara efisien dan tepat waktu
Menulis Program Interaktif
1. Program harus dapat melakukan validasi terhadap setiap data yang masuk.
2. Program harus dapat mengecek setiap kemungkinan- kemungkinan yang penting, yang akan muncul pada data masukan.
3. Buatlah format masukan sesederhana mungkin
4. Buatlah agar program dapat memberikan tanda bahwa data yang dikehendaki sudah terpenuhi.
5. Berikan label atau keterangan pada setiap keluaran, termasuk bentuk pesan kesalahan apabila sipemakai salah mengoperasikan program tersebut.
6. Berikan pesan, apabila program sedang melakukan suatu proses yang memerlukan suatu waktu tunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar anda !!!

Daftar Arsip Blog